Bagaimana Mental Block Menghambat Kesuksesan Anda + Tips Mengatasinya

Posted on Posted in Inspirasi

Mental block atau hambatan mental merupakan penghambat sukses yang sering menjadi penghalang kesuksesan bagi banyak orang. Banyak orang yang mempunyai mental block dalam dirinya. Celakanya lagi, banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya mempunyai mental block.

 

Darimana mental block berasal? Serta bagaimana caranya mengatasi mental block yang membelenggu? Kita akan membahasnya sebentar lagi.

 

Mental block atau hambatan mental bisa berupa pikiran negatif, keyakinan negatif, memori negatif,  emosi negatif atau apapun dalam diri anda yang menghambat anda dalam mencapai tujuan atau impian anda. Mental block juga bisa berasal dari masa lalu. Biasanya karena ada pengalaman traumatik atau semacamnya.

 

Dulu, saya juga pernah memiliki mental block mengenai uang. Saat itu bisnis saya belum berjalan dan saya sedang mengalami kesulitan finansial. Saya sudah melakukan apapun namun kondisi keuangan saya masih belum ada perkembangan.

 

Setelah saya cek lebih dalam, ternyata ada keyakinan negatif dalam diri saya. Dulu waktu kecil, ibu saya sering mengatakan bahwa mencari uang itu sulit. Rupanya keyakinan tersebut mengakar kuat dalam diri saya dan terbawa hingga saya dewasa. Akibatnya, setelah dewasa saya sempat mengalami masalah dalam hal finansial.

 

Setelah sadar bahwa saya mempunyai mental block, saya berusaha membersihkan mental block saya dengan teknik EFT (emotional freedom technique). Selain itu, saya juga membaca buku-buku yang bisa menginspirasi saya. Sampai akhirnya saya bisa melepaskan keyakinan negatif tersebut.

 

Banyak orang diluar sana yang juga memiliki masalah yang sama. Atau mungkin anda juga sedang mengalaminya? Coba cek kedalam diri anda, siapa tahu anda memiliki mental block yang membuat anda mengalami kesulitan.

 

Mental block ibarat rem yang menghambat anda untuk maju. Ibaratnya anda menyetir mobil namun anda menginjak gas sekaligus remnya. Tentu mobil anda tidak dapat berjalan bukan? Kalaupun bisa berjalan, maka akan memerlukan energi yang lebih banyak.

 

Lalu, bagaimana cara mengatasi mental block?

 

Sejujurnya ada banyak cara. Anda bisa pelajari EFT untuk mengatasi mental block anda. Atau mungkin belajar NLP atau self hypnosis juga. Tentu akan terlalu panjang jika saya tulis semuanya disini. Kali ini saya hanya akan berbagai mengenai tips mengatasi mental block yang paling mudah saja. Ini dia tips nya :

 

  1. Baca Buku yang Inspiratif. Banyak orang yang tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Namun, seberapa banyak orang yang suka membaca? Anda tahu, saat ini Indonesia sedang krisis membaca. Padahal, dengan membaca buku anda bisa tahu banyak sekali hal. Orang-orang lebih memilih menonton berita negatif daripada membaca buku positif. Dan hal itu juga membuat pikiran ikut menjadi negatif. Jika anda ingin bisa mengatasi mental block anda, cobalah untuk membaca buku. Beli buku-buku inspiratif yang sesuai dengan minat/bidang anda. Buku yang inspiratif akan sangat membantu anda dalam mengikis mental block anda.
  2. Bergaulah dengan Orang yang Positif. Pernahkah anda menemui teman anda yang setiap hari selalu mengeluh dan menggerutu? Ketika bersama dengan orang negatif, anda juga ikut tertular bukan? Pikiran negatif ibarat virus yang bisa menular ke diri anda. Jadi, mulai sekarang jauhi orang negatif dan dekatilah orang yang positif. Bergaul dengan orang positif akan membuat anda ikut menjadi positif sehingga lambat laun juga akan mengikis mental block anda secara pelan-pelan.
  3. Jaga Pikiran dan Perasaan Agar Selalu Positif. Ini sangat penting. Ketika anda terjebak dalam pikiran dan perasaan negatif, anda akan sulit untuk keluar dari sana. Dengan menjaga pikiran dan perasaan agar selalu positif, hal itu juga bisa mengikis mental block anda secara perlahan.

 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda praktekan untuk mengatasi mental block. Tentu sebenarnya ada banyak teknik yang bisa menghilagkan mental block anda dengan cepat. Tapi terlalu teknis jika dibahas disini. Kita akan membahasnya di lain kesempatan.

 

Selamat mempraktekkan. Sukses untuk anda…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *