Benarkah Hipnosis Menggunakan Bantuan Jin/Setan?

Posted on Posted in Hipnosis, Hipnoterapi

Saya sering sekali menerima pertanyaan yang kurang lebih bunyinya seperti ini, “Apakah benar bahwa hipnotis (hipnosis) itu menggunakan bantuan jin?“.  Saya menerima pertanyaan seperti itu dari orang dengan berbagai macam latar belakang. Mulai dari pedagang kaki lima, sopir taksi, akademisi bahkan praktisi Ruqyah. Sejujurnya, saya sudah terlalu sering mendengar pertanyaan semacam ini dan saya juga sedikit bosan menjawabnya. Namun, apa boleh buat, sebagai hipnoterapis, saya merasa bertanggung jawab untuk meluruskan hal ini supaya mereka tidak lagi salah kaprah lagi.

 

Jadi begini, hipnosis itu sebenarnya merupakan ilmu komunikasi. Lebih tepatnya, “seni berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar”. Menurut para ahli, pikiran bawah sadar jauh lebih kuat daripada pikiran sadar. Pengaruh pikiran bawah sadar mencapai sekitar 88%, sedangkan pikiran sadar hanya 12% saja.

 

Lalu, bagaimana kondisi hipnosis bisa terjadi?

 

Kondisi hipnosis atau yang biasa disebut dengan trance (dibaca:trans) terjadi ketika pikiran kita rileks sehingga pikiran sadar melemah. Karena fungsi pikiran sadar melemah, maka sugesti yang kita ucapkan bisa langsung diterima oleh pikiran bawah sadar. Kondisi  hipnosis sebenarnya merupakan kondisi yang alami. Kondisi hipnosis bisa terjadi dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Kondisi hipnosis juga sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika menonton film hingga kita ikut terhanyut didalamnya, ketika kita sembahyang dengan khusyuk, ketika meditasi dll.

 

Sekilas, kondisi hipnosis memang mirip dengan kondisi tidur, tapi sebenarnya tidak sama. Banyak orang yang mengira bahwa kondisi hipnosis/trance itu sama dengan tidur. Anggapan tersebut sebenarnya salah besar. Kondisi hipnosis jua berbeda dengan kondisi tidak sadarkan diri. Saat berada dalam kondisi hiponosis, anda tetap sadar. Anda hanya merasa rileks.

 

Jadi, perlu anda garis bawahi bahwa kondisi hipnosis itu adalah kondisi yang alami. Semua manusia pasti pernah merasakan kondisi hipnosis dalam kehidupan sehari-harinya. Kondisi hipnosis bukanlah kondisi ketika kita dikuasai oleh kuasa kegelapan. Bukan seperti itu..

 

Sekarang, bisa dipastikan bahwa orang yang menganggap bahwa hipnosis itu menggunakan bantuan jin, setan, ilmu hitam dll adalah orang yang belum memahami apa itu hipnosis. Anda perlu ingat bahwa:

 

  1. Hipnosis sama sekali tidak menggunakan bantuan jin, setan, khodam ataupun makhuk gaib lainnya.
  2. Untuk mempelajari hipnosis tidak memerlukan mantra, ritual, puasa, pengisian dll.
  3. Hipnosis merupakan seni berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar.
  4. Kondisi hipnosis merupakan kondisi alamiah dalam diri manusia dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Setelah membaca artikel ini, apakah anda semakin tertarik untuk belajar hipnosis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *