Bisakah Mempelajari Hipnosis Secara Otodidak?

Posted on Posted in Hipnosis, Hipnoterapi

 

Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini dari orang awam yang ingin belajar hipnosis: “Apakah bisa saya mempelajari hipnosis secara otodidak (tanpa ikut pelatihan)?”

Jawabannya adalah TERGANTUNG, BISA IYA BISA TIDAK.

Diluar sana, anda orang yang berhasil melakukan hipnosis meskipun hanya belajar secara otodidak. Ada juga orang yang tetap gagal meskipun sudah ikut pelatihan Penyebabnya kegagalanya juga beragam. Ada yang gagal karena kurang percaya diri, ada yang gagal karena salah memilih subyek, ada juga yang gagal karena kurang memahami ilmu hipnosis dengan benar.

Saya adalah termasuk orang yang bisa melakukan hipnosis hanya dengan belajar secara otodidak. Dahulu ketika awal-awal belajar hipnosis, saya tidak punya uang untuk ikut pelatihan. Saya hanya belajar melalui buku dan berbagai artikel diinternet. Saya mengalami banyak kegagalan sebelum akhirnya berhasil melakukan hipnosis untuk pertama kalinya.

Saya baru ikut pelatihan ketika saya mempelajari Hipnoterapi. Untuk mempelajari Hipnoterapi memang harus ikut pelatihan terlebih dahulu, tidak bisa belajar sendiri secara otodidak. Berbeda dengan hipnosis dasar yang bisa dipelajari secara otodidak.

Meskipun hipnosis bisa dipelajari secara otodidak, saya tetap menyarankan anda untuk ikut pelatihan. Mengapa? Setidaknya saya punya dua alasan:

Pertama, agar lebih menghemat waktu.

Belajar hipnosis secara otodidak tentu akan memakan waktu yang sangat lama. Setidaknya itulah yang saya alami. Saya harus belajar dari berbagai sumber yang belum tentu benarnya. Dan saya harus mengalami kegagalan yang sangat memalukan. Dengan mengikuti pelatihan hipnosis, tentunya anda akan lebih menghemat waktu anda.

Kedua, agar memahami ilmu hipnosis dengan benar.

Mempelajari ilmu hipnosis secara otodidak seringkali membuat anda kewalahan karena otak anda akan mengalami overload informasi sehingga anda tidak tahu mau mulai darimana. Nah, dengan mengikuti pelatihan hipnosis, anda akan bisa mempelajari ilmu hipnosis dengan benar.

Kesimpulannya, meskipun bisa dipelajari secara otodidak, sebaiknya anda mengikuti pelatihan hipnosis agar bisa lebih memahami dan menguasai ilmu hipnosis.

Jika anda tidak punya waktu untuk ikut pelatihan, anda bisa temukan solusinya disini.

 

 

Arie Wahyu Dwi adalah seorang praktisi hipnosis dan juga hipnoterapis bersertifikat. Selain itu, dia juga mempelajari berbagai keilmuan lain yang berkaitan dengan pikiran manusia seperti NLP, EFT dll. Ingin berteman dengannya? Silakan follow sosial medianya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *