Sekilas Tentang EFT (Emotional Freedom Technique)

Posted on Posted in EFT

Anda pernah dengar EFT? Atau mungkin anda sudah pernah mempelajarinya? EFT adalah singkatan dari Emotional Freedom Technique. EFT pertama kali ditemukan oleh Gary Craig. Jika ingin tahu lebih lanjut, anda bisa kunjungi websitenya di www.emofree.com.

 

Di Indonesia sendiri, EFT mungkin lebih populer dengan SEFT atau Spiritual Emotional Freedom Technique yang dikembangkan oleh Ahmad Faiz dengan menambahkan kata spiritual didepannya. Ada juga Hypno-EFT yang dikembangkan oleh Adi W. Gunawan dengan menggabungkan kata Hypnosis dengan EFT (dan saya sangat menyukainya). Anda perlu tahu bahwa diluar sana ada banyak sekali orang yang mengembangkan EFT sedemikian rupa dengan berbagai kelebihannya masing-masing. EFT ibarat sebuah program open source, siapapun boleh mengembangkannya selama bermanfaat untuk orang lain. Jadi, anda tidak perlu kaget.

 

EFT berteori bahwa pikiran dan tubuh merupakan satu kesatuan. Pikiran mempengaruhi tubuh, begitu pula sebaliknya. Ketika pikiran anda kacau, maka energi tubuh anda juga ikut kacau. Begitu pula sebaliknya. Amati tubuh anda ketika sedang marah, anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan pada beberapa anggota tubuh anda. Emosi negatif menyebabkan kekacauan energi tubuh. Dan hal ini terkadang akan menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian tubuh anda. Dan dalam waktu yang panjang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.

 

EFT bekerja dengan cara melancarkan jalur energi listrik tubuh atau biasa disebut dengan meridian. Dalam akupuntur jalur energi ini distimulasikan dengan menggunakan tusukan-tusukan jarum. Namun EFT tidak menggunakan jarum, tapi hanya menggunakan ketukan-ketukan ringan pada titik-titik yang telah ditentukan. Ketika energi tubuh mengalir dengan lancar, maka emosi negatif yang anda rasakan juga akan menghilang. Begitulah kira-kira cara kerja EFT.

 

Apa Saja Masalah yang Bisa dibereskan Dengan EFT?

 

Sejujurnya, banyak sekali. Saya sering mengajarkan EFT pada klien saya agar mereka mempunyai senjata untuk mengatasi emosi negatif dimasa mendatang.

 

Diantara banyaknya masalah yang bisa diatasi dengan EFT, berikut ini adalah sebagian kecilnya:

  1. Phobia
  2. Stres
  3. Depresi
  4. Takut ketinggian
  5. Kurang PD
  6. Mudah marah
  7. Takut gagal
  8. Insomnia
  9. Berbagai penyakit tubuh yang disebabkan karena pikiran
  10. Dan masih banyak lagi.

 

Itu hanya sebagian kecilnya saja. Kalau semua ditulis disini, tentu akan terlalu panjang. Seperti kata penemunya, “Try it on everything.”. Artinya, “Cobalah untuk segala hal.“. Jadi, kita bisa menerapkan EFT untuk berbagai permasalahan dalam diri kita.

 

Seringkali permasalahan dalam kehidupan kita disebabkan oleh diri kita sendiri. Ketika anda mengalami kesulitan ekonomi misalnya. Anda bisa membereskannya dengan EFT. Tentu saja EFT tidak akan memberikan uang dihadapan anda dalam sekejap. Namun EFT akan menghilangkan hambatan mental / mentalblock dalam pikiran anda yang selama ini menghalangi anda untuk mendapatkan uang.

 

Bisa dikatakan permasalahan yang bisa diatasi oleh EFT tidak terbatas. Anda bisa melakukannya untuk mengatasi berbagai permasalahan anda. Kalaupun itu tidak bekerja, maka toh tidak ada ruginya kok. Namun, berdasarkan pengalaman pribadi saya, EFT pasti bekerja ketika kita sudah menemukan akar permasalahan kita dengan jelas.

 

Lalu, bagaimana cara melakukan EFT? Nah, ini juga terlalu panjang jika kita bahas disini. Kita akan membahasnya dikesempatan berikutnya. Sampai jumpa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *